Q n A: MUN (Model United Nations)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Apa kabar, pembaca semua? semoga tetap sehat dan ceria selalu. Alhamdulillah kali ini aku ada waktu buat nulis lagi (padahal lusa UTBK wkwk).
Akhir-akhir ini banyak sekali yang DM ke aku, awalnya aku heran ini kok banyak banget yang DM nggak biasanya. Pas dibuka-buka ternyata hampir semuanya (atau bahkan semuanya) nanyain tentang AYIMUN (Asia Youth International Model United Nations, yang aku ikutin tahun 2017 lalu) dan sejujurnya aku rada keteteran ngejawab satu per satu, apalagi yang nanya perntanyaannya rata-rata sama. Untuk itu, disini aku mau coba rangkum beberapa pertanyaan yang masuk ke DMku supaya aku nggak perlu jawabin satu-satu lagi (waktu belajar buat UTBK juga terkuras huhuhu ); ). Oke mari kita bahas pertanyaan-pertanyaannya. Disimak ya.





1. Q: Kak saya mau ikut AYIMUN tapi masih ragu gitu kak. Gimana biar nggak ragu?
    A: Nah ini nih, aku sendiri sebenernya bingung mau jawab gimana. Ya aku gak punya tugas buat meyakinkan kalian semua untuk ikut AYIMUN. Aku bakal bilang, itu kembali kepada diri masing-masing. Sebagai orang Islam, sangat penting untuk mempertanyakan niat kita sebelum melakukan sesuatu. Innamal a'maalu binniyyaat, sesungguhnya segala sesuatu tergantung pada niatnya. Kalau niatnya ikut AYIMUN buat post foto dengan background luar negeri, atau keren-kerenan pake setelan jas, atau hal-hal semacamnya, sebaiknya nggak usah ikutan AYIMUN.. niat kaya gitu udah salah. Ikut AYIMUN, coba mantapkan niatnya untuk belajar, untuk cari pengalaman, untuk memosisikan diri bagaimana rasanya jadi diplomat, bagaimana rasanya jadi bagian dari satu negara yang terlibat konflik, atau jadi perwakilan negara yang menjajah, dan hal-hal lainnya yang memang bermanfaat. Sayang uangnya kalo cuma buat ngepost foto doang, mending ngedit aja kalo gitu wkwk. Aku sendiri waktu kesana niatnya memang mau belajar dan nyari pengalaman. Waktu itu belum tahu apapun tentang dunia diplomasi dan hubungan internasional, hal-hal semacam itu. Zero knowledge lah. Apalagi masih kelas dua SMA, yang mana sebenernya lagi nyari hal yang aku ingin dalemin. Ternyata sidang PBB kaya gini ya... ribet ngurus ini dan itu, harus ngelobi negara ini, negara itu. Itu capek banget. Dan disitu ada satu insight aku kebuka, ooh makanya jangan dengan mudahnya nuduh PBB ga kerja apa-apa. Sidangnya ribet banget dan hal-hal yang dipertimbangkan itu ribuan... ga gampang gitu mindahin ratusan ribu pengungsi dari Suriah ke Prancis. Enggak, ada step-step yang harus dilewatin. Jadi gitu.., luruskan dulu niatnya ya..

2. Q: Saya masih bingung proses kinerja AYIMUN, itu gimana ya?
    A: Waduuh... aku greget banget kalo ditanya kaya gini. Rasanya pengen memancarkan senyum selebar-lebarnya wkwk.
Gini gini, jadi, aku udah ceritain panjang lebar kisah aku selama ikut AYIMUN di Malaysia dengan sangaaaaaaaaat rinci dan dijamin kalian bakal paham. Jadi silakan dicek ya, ini linknya https://aifahumairasnotes.blogspot.com/2017/11/my-first-abroad-malaysia-asia-youth.html. Dan aku yakin pasti pihak panitia juga ngasih guidancenya, itu tolong dibaca ya, mari berliterasi. Kalo masih males juga, banyak di youtube. Intinya jangan males nyari dan jangan males baca.

3. Q: Kak, saya mau ikut AYIMUN nih, tapi englishnya masih kurang. Itu nanti dampaknya gimana ya? Saya bisa sih bahasa inggris, tapi kayak masih intermediate gitu. Belum fasih juga.
    A: Oke. Masalah bahasa inggris ini emang paling banyak yang nanya. Aku jawab jujur aja, dulu aku belajar bahasa inggris justru karena mau ikutan ini. Sekitar dua bulan sebelum berangkat, itu aku baru belajar bahasa inggris (ya tapi ga dari dasar banget lah jelas). Waktu itu aku dapet les bahasa inggris gratis dari ketua yayasan di sekolahku dan alhamdulillahnya langsung masuk kelas intermediate. Disitu aku manfaatin waktu sebaik-baiknya buat belajar bahasa inggris. Meskipun, iya, tetep aja ga fasih!
Jadi selama disana, sebenernya aku ga terlalu khawatir dengan englishku. Pertama, karena cukup banyak delegasi orang Indonesia, dan emang kebanyakan Indonesia jadi ya biasa aja. Tapi katanya AYIMUN yang sekarang banyak yang luarnya jadi ya mau ga mau, harus nguasain bahasa inggris, minimal conversation gitu lah. Kan di form pendaftaran juga ada pertanyaan seberapa jauh english kalian, itu tolong di jawab dengan jujur karena kalo enggak kalian sendiri yang bakal repot. Kedua, disana kita gak selalu ngomong. Ini aku coba rangkum sekalian untuk pertanyaan
KAK APAKAH DISANA KITA HARUS DEBAT ATAU PIDATO, SPEAKING TERUS ATAU BOLEH DIEM AJA? ADA NGGAK YANG SEPANJANG HARI DIEM AJA NGGAK NGOMONG APA-APA? KALAU DEBAT SAMA PIDATO GITU HARUS LANCAR BAHASA INGGRISNYA NGGAK KAK? haduduu... aku lelah luar biasa jawabin pertanyaan ini wkwk. Gini, secara logika, coba kalian bayangin deh, kalo misalnya kita gak bisa ngomong, terus gimana mau pidato atau debat? pidato kan ngomong. Debat juga ngomong. Kalau misalnya mau pidato sama debat, ya jelas inggrisnya harus diatas mahir, minimal lancar walau pun rada terbata-bata dikit ngga papa. Inget, disana engga ada alat penerjemah jadi harus pake mulut sendiri dan telinga sendiri. Disana ada yang diem aja? banyak. Kebanyakan justru diem. Yang ngomong itu lagi-itu lagi. Aku juga sebenernya waktu disana termasuk pasif loh, ya jelas karena waktu itu aku belum mahir ngomongnya. Dan yaa jadinya aku diem dan duduk aja. Ini ada ceritanya di link yang tadi, aku sempet pidato sekali karena ditunjuk. Coba kalian bayangin juga, dalam keadaan sebenarnya, mungkin nggak sih 100 orang ngomong semua? menyampaikan pendapat semua? protes semua? enggak mungkin. Diantara 100 orang, pasti ada yang punya pendapat sama, pikiran sama, keluhan yang sama, dan nggak semua harus ngomong, kan? (ini yang anak organisasi pasti tau, kalau ga ikut organisasi ya ga ada pengalaman berpendapat kali ya.). Dan dari yang menyampaikan pendapat itu pasti ada yang mahir ngomong, jadi istilahnya diwakilin lah gitu. Ngga mungkin semua maju pidato say.. ngabisin waktu juga. Keburu ngantuk. Jadi gapapa kalo selama disana kita diem aja dan cuma ngangkat placard bua voting. Itu justru mayoritasnya kaya gitu. Yang aktif? kebanyakan emang yang udah ikut MUN belasan bahkan puluhan kali.

4. Q: Pembayarannya udah termasuk tiket pesawat belum kak?
    A: Oke setau aku MUN di dunia ini bayarnya cuma buat programnya aja. Kalau ada full accom berarti udah sama hotel dan makan, kalau non accom itu berarti beneran sidangnya aja tanpa hotel dan makan. Untuk tiket pesawat bolak balik, uang jajan, paspor, itu terpisah dan emang nambah uang lagi.

5. Q: Oiya kak disana itu speakernya ngomongnya cepet atau pelan? Takutnya ga jelas kedengerannya wkwk.
   A: Lah, kok nanyanya gitu sih? wkwk. Ya ga taulah, itu sih tergantung sama yang ngomong. Dia biasanya ngomong cepet atau pelan. Masa mau dipaksa pelan biar kita ngerti? Ya kitanya dulu harus latihan listening. Ga bisa dong nanyain kaya gini harusnya wkwk.

6. Q: Kalo ga speak up sama sekali boleh ga?
    A: Boleh.

7. Q: Kalo yang voting-voting itu gimana sih kak?
    A: Voting itu, jadi kalo ada satu delegasi yang pengen ngomong, misalnya. Entar dimasukin ke speaker list, terus ditanya, yang mau ngomong ini mau bahas apa? waktu aku kan UNHCR, mau bahas negara penerima pengungsi kah, mau bahas dana imigrasi kah, mau bahas kesulitan pengurusan dokumen kah, nah itu nanti di voting sama negara-negara lain yang punya masalah yang sama dengan bahasan yang diusulkan. Jadi misalnya Jerman usul bahas A, Rusia usul bahas B, Turki usul bahas C, negara lain nanti voting mau bahas yang mana. Votingnya itu ngangkat placard, bukan ngebutin nama kita. Disana kita ilang nama, dipanggilnya pasti nama negara yang kita wakilin.

8. Q: Pas nyampe bandara udah ada panitia belum kak?
    A: waktu aku  sih dulu udah ada, karena aku ambil full accom, aku gatau kalau yang non accom dijemput apa engga. Jadi kalian baca baik baik SEMUA HAL TENTANG ACARA INI, ITU PASTI UDAH DISEDIAIN sama panitianya. BACA. BACA. BACA. Ga semua MUN nyediain airport assistance jadi kalian kalau mau dijemput di bandara carilah yang udah masuk airport assistace nya.

9. Q: Pas pembagian kamar, itu dibagiinnya sesuai sama negara kita nggak? kalau baca cerita kakak kan sama orang Indonesia lagi ya.
   A: Belum tentu. Itu terserah panitia. Banyak juga yang sekamar sama orang beda negara. Yang jelas, sekamar ga bakal campur cowok-cewek.

10. Q: Yang dari Indonesia banyak ga delegasinya?
      A: waktu 2017 mah banyak. Kalo yang sekarang-sekarang mah nggak tau.

11. Q: Dulu pas isi registrasi di website online itu pilihannya single, group atau observer?
      A: Isi single. Aku gatau gimana kerjanya group atau observer. Kalau group mungkin ngajak temen dan bisa secouncil bareng. Tapi aku gatau itu bener apa engga. Kalau observer mah kaya panitia atau apa? kurang paham juga. Jadi ya pilih single aja.

12. Q:Di bagian secondary field of study (if applicable) kakak diisi apa?
      A: nggak ngisi, nggak punya. Kan applicable. Kalo ga ada, ya gausah diisi.

13. Q: Pas isi council yang diinginkan, pas dibagiin sama panitianya sesuai ga sama yang kakak isi online?
     A: waktu aku mah alhamdulillahnya sesuai. Jadi kan disuruh milih 3 concil kan. Nah yang pertama yang kita pengenin banget, yang kedua ketiga ya yang dipengenin juga tapi ga banget. (sama aja kaya kaya ngurutin prioritas universitas pas SBMPTN gitu loh) jadi ya entar tergantung panitia dapetnya council apa. Dapet negara juga gitu, tergantung pihak sana. Mungkin juga tergantung sama ketersediaan kursi, udah ada yang ngambil negara itu apa belum, dan motivation letter juga.

14. Q: Di council kakak dulu ada berapa delegates?
      A: AYIMUN 2017 UNHCR ada 98 delegasi, tambah dua orang chair, jadi pas 100 hehe.

15. Q: Trus ya kak, kalo misalkan nih kita diajak ngobrol sama orang luar, nah pas kita mau jawab kita gatau bahasa inggrisnya itu gimana? Deg degan gasi?
     A: deg degan mah iya (kalo ga deg degan mati dong? wkwk) (gaje). Kalo ga bisa jawab ya, pakailah bahasa universal, bahasa isyarat. Itu pasti semua ngerti kok wkwk. Ya mau gimana lagi kalo gatau bahasa inggrisnya masa mau didiemin?

16. Q: Dulu seluruh delegates berapa jumlahnya?
      A: Ayimun 2017 kalo gasalah sekita 700an.

17. Q: Kalo kakak dulu ikut AYIMUN emang pengen sendiri atau disuruh sekolah?
      A: Pengen sendiri. Kalo kalian baca cerita aku, pasti tau deh. Sekolah malah baru tau pas aku udah lolos.

18. Q:Perasaan kakak waktu AYIMUN berlangsung masih takut atau malah udah rileks?
       A: Ya.. ada takutnya ada rileksnya. Rileks banget itu pas aku udah selesai pidato nah.. itu rileks luar biasa tapi malu juga wkwk.

19. Q: Kakak ikutan nggak tahun ini?
      A: Insya allah engga ikutan karena mau fokus UTBK dulu.

20. Q: Pada serius-serius ga si kak pas Ayimunnya berlangsung?
      A: ini mungkin pas sesi komite berlangsung ya, iya jelas serius lah. Pengungsi di Suriah dan Palestina, emang mau dibecandain? ya harus serius dong. Namanya juga simulasi sidang PBB. Kalau pas break baru boleh nggak serius.

21. Q: Dulu kakak berapa kali meeting session?
      A: dulu cuma sekali. Denger-denger katanya yang sekarang mah dua kali jadi lebih lama.

22. Q: Untuk pembayaran itu emang boleh dua kali bayar ya?
      A: Ada yang boleh ada yang engga. Dulu setau aku sih dua kali bayar ya yang kaya nyicil gitu. Kurang tau persisnya juga sih, karena waktu itu aku sekali bayar. Boleh ditanyakan langsung ke panitia ya.

23. Q: Dapet councilnya itu pas kita udah lunas bayarnya kah? Atau nyicil pertama udah dapet?
      A: iya dapet negara dan dape council itu pas udah bayar lunas. Kalo belum lunas ga bakalan dikasih apa-apa kecuali peringatan email buat cepet bayar lunas wkwk.

24. Q: Dulu kakak pernah dapet email yang isinya special invitation meet another candidate on FB group ada nggak?
     A: nggak dapet email yang begituan. Cuma kalo grup ada, aku lupa gimana aku bisa masuk grup di line itu.

25. Q: Terus dulu kakak yang dari Indonesia bener-bener gatau siapa aja yang jadi delegasi dong? Kenalnya pas disananya, gitu?
     A: konsepnya sih gitu. Tapi pas di group aku nyari aja orang Bandung yang sama sama ikut dari Bandara Husesin Sastranegara dan ternyata pas di bandara banyak juga yang mau berangkat. Jadi kenalannya pas di bandara.

26. Q: Kakak dulu ada rasa takut gitu gasi ikut Ayimun?
      A: Ada. Apalagi berangkat sendiri dan ga ada pengalaman. Tapi tenang aja ok. All izz well.

27. Q: Tapi kalo ditunjuk tetep kayanya ya harus bicara?
      A: Ya iya.. harus bicara dong, semampunya aja. Masa mau kabur? kan malah nambah malu-maluin hehe.

28. Q: Untuk dana, ngajuin ke sekolah ya?
      A; Waktu itu sih ga ngajuin tapi di tawarin hehe. Alhamdulillah sekolah aku baik banget. Untuk dana ini jangan dipaksain ya kakak kakak, kalau misalnya ngga ada, coba cari sponsor (beberapa kali aku liat ada yang nyari sponsor di kitabisa.com malah) dan bisa ngajuin ke sekolah atau ke kampus gitu.. yang penting jangan ngutang aja wkwk.

29. Q: Dikasih sertifikat internasional ya berarti?
      A: Iya dikasih. Hampir semua MUN pasti dikasih, tapi gatau juga kalo ada yang ga ngasih. Tapi inget ikut MUN jangan ngincer sertifikat semata ya, carilah pengalaman, ilmu, dan ridha Allah biar hidupnya berkah.

30. Q: Oh iya kalo untuk speech itu sendiri apakah kita masing-masing emang harus mempersiapkan speech kita masing-masing saat disana?
      A: speech sebenernya ngga harus disiapin, selama aku AYIMUN itu orang kalo mau speech ya langsung aja ngomong. Paling liat-liat dikit catetan kita tentang negara kita, atau kalau mau bikin yang well-structured ya gapapa. Intinya kondisinya ga nentu apakah bisa pake teks yang udah kita siapin bisa juga belum. Jadi emang harus fluent speaking, writing dan listening kalo mau gemilang di MUN.

31. Q: (Screenshot tanda keterima AYIMUN) Kalo ada notice kaya gini berarti itu beneran keterima ya kak? Tapi waktu di cek di website kok ga muncul namanya ya kak?
       A: Iya, alhamdulillah itu tandanya keterima. Tapi yang muncul di web buat yang udah bayar aja. Selama belum bayar, kamu belum jadi peserta MUN. Hanya terpilih saja.

32. Q: Kira-kira biayaya berapa kemaren?
      A: waktu aku mah kan di Malaysia, jadi pesawat dua juta, jajan sejuta, programnya lima juta. Sekitar delapan juta tapi alhamdulillah semuanya dari sekolah.

33. Q: sebelum berangkat ada pelatihan kah?
      A: Nggak ada. semuanya nyiapin sendiri.

34. Q: Nanti bahas apa aja pas meeting session?
       A: Tergantung council dan tergantung kaliannya sendiri mau bahas apa. Makanya diadakan voting.

35. Q: Harus debat?
      A: Engga. (monmaap yang nanyanya jutek dibales jutek juga ya)

36. Q: Kakak waktu  nampilin culturan performance itu nampilin apa?
      A: Nggak nampilin apa apa. Itu juga buat yang mau dan udah bilang panitia sebelumnya aja.

37. Q: Waktu itu delegasi Indonesia nampilin apa kak?
       A: Banyak... secara kan budaya kita banyak banget. Waktu itu sih nari 4/5 tarian gitu.

38. Q: Oiya btw kakak ipa atau ips?
      A: Aku anak IPA tapi apa salahnya ikut AYIMUN? wkwk. Kan namanya juga cari pengetahuan.

39. Q: Do I really need to take part in AYIMUN?
       A: Yes, you do!!

40. Q: Apa aja ya kak kira-kira yang harus dipersiapin selain research yang banyak?
       A: Mental, doa, bahasa inggris, dan senyum :)

41. Q: Kalo pidato itu harus berapa lama kak?
      A: Ga bakal dikasih waktu lama-lama. Paling satu atau dua menit. Jamin deh.

42. Q: Kak mereka bakal kaya nunjuk semua orang untuk ngomong nggak kak? Karena aku takut bakal ditunjuk apalagi kalo aku belum siap speechnya misal aku bakal kena panick attack :(. Aku baca cerita kakak ikut deg degaan.
     A: Hahaha, itu emang deg degan banget. Tapi tenang aja ga bakal semua ditunjuk kok. Itu malah aku doang yang ditunjuk. Ga beruntung aja aku ini wkwk. Ada bagusnya juga sih. Tapi intinya kalo kamu negara yang kurang 'eksis' di dunia internasional kayanya peluang ditunjuknya juga kecil.

43. Q: Disana kita akan melakukan conference dengan orang-orang satu council saja ya kak?
      A: Iya, pasti sama orang satu council. Aku belum pernah denger sih ada gabungan council UNHCR sama UNHRC, walaupun rada mirip tapi pasti dipisah. Ada yang pernah digabung?


WAAAAH senangnya akhirnya selesai juga ngelist pertanyaan dari puluhan DM yang masuk. Nah mungkin cukup segitu aja ya kakak kakak semua. Jangan ragu buat nanya lagi kalo emang belum ada disini. Sukses MUN nya yaa! All the best! Luruskan niat! Raih pahala. Oke?

OIYA, JANGAN LUPA BACA BLOG AKU SATUNYA LAGI TENTANG AYIMUN, di link ini yaa https://aifahumairasnotes.blogspot.com/2017/11/my-first-abroad-malaysia-asia-youth.html.

Maaf aku males bikin hyperlinknya gitu gitu lah. Ga jago ngatur blog juga, jadi susah. Hehe. Maaf yaa.

MAAF CAPS LOCK :))

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan DM ke ig @rarahafi atau email humairaaifaa@gmail.com

Komentar

Postingan Populer