SHARING: Serial Diriliş Ertuğrul, Menuju Kebangkitan Islam Selanjutnya

Assalamualaikum waramahtullah sahabat pembaca... alhamdulillah kali ini Aifa sempet nulis blog lagi.. ya.. memang kalau nulis blog itu bener-bener kalo sempet aja ya (da bukan blogger hehe, /eh terus punya blog itu bukan blogger?/). Gimana kabar? Semoga semuanya sehat wal afiat lahir dan batin, :)

Oke jadi ini beneran bakal sharing kaya judulnya nih.. berhubung kalo di IG caption gabisa panjang-panjang, mending di blog iya ga? Hehe. Sharing apa nih? Kali ini aku bakal sharing tentang serial drama kesukaan aku, BTW MOHONMAAP sebelumnya jarang pisan nih aku review film apalagi drama.. biasanya ya buku. Tapi bukan drakor guys, saya punya aliran berbeda (waduh) dan itu adalah drama turki. (Temen temen deket aku udah apal pisan aku nonton serial ini bertahun-tahun, dan udah alergi duluan kalo aku ngomongin serial ini).

Wait, what? Drama turki? HAHAHA (kebanyakan temenku ngetawain gini btw). Iye, drama turki. Jadi biar ga panjang intronya biar aku ceritain aja dalam bentuk prosa....

............

Di suatu sore yang sangat membosankan, aku tidur-tiduran di kasur yang udah gatau dimana bantalnya dan gulingnya, sedangkan sepreinya udah acakadut ga karuan. Waktu itu tahun 2017 kelas sebelas, sekitar bulan Agustus, mungkin emang lagi libur aku lupa, pokonya ya lagi mager. Aku pengen nonton film atau apa lah yang penting nonton, pengen yang rame, pengen yang beda tapinya. Sehubung aku sedang berusaha menjadi pribadi yang shalihah (wkwk ini pencitraan), aku dari dulu emang menjauhi tontonan yang ga ada faedahnya, yang bucin, yang ga nambah iman sama sekali. Jadi emang kebanyakan aku nonton film sejarah Islam, dari kecil udah gitu. Mamah Ayah juga beliinnya film sejarah islam terus, buku juga gitu. Jadi ya wajar aja aku ga tau detailnya gimana itu Iron Man, Hulk, Spiderman dan kawan-kawannya. Pernah sih tertarik, drakor juga sering hampir narik, tapi aku tahan-tahan, karena mungkin emang aku takut kalo jatoh kesana entar susah keluarnya lagi. Ya ini mah intro~ tapi aku ga se-ustazah yang kalian bayangkan loh ya. Biasa aja kok.

"Ish, pengen nonton tapi udah tau semua.." aku bete mikirin sejarah apa lagi yang bakal aku tonton. Bukan udah sok pinter, tapi emang udah sering nonton film nabi Muhammad, dan Khalifah-Khalifahnya (film Umar/Omar yang 30 episodes itu udah dikhatamin kelas 6 SD lebih dari 10 kali). Abu Bakar, Umar, Usman, Ali, Saad bin Abi Waqqash, Zubair bin Awwam, Mushab bin Umair, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Masud, Abu Jandal bin Suhail, Ikrimah bin Abu Jahal, Zaid bin Khattab....

Ah rasanya udah terlalu sering aku nonton film yang sejarahnya di zaman nabi. Sedikit bosen sih, tapi pengen cari aja yang baru. Pasti banyak kan, pahlawan islam yang lain? Pasti ada. Kemudian aku buka laptop dan langsung ke youtube. Aku mikir kira-kira kata kunci apa yang tepat buat mengisi kebosananku sore ini. Hmm.. apakah aku bakal cari film seputar Bani Umayyah? Mungkin aja ada film tentang khalifah Umar bin Abdul Aziz, lebih keren lagi kalo ada kisah khalifah Abdurrahman Ad-Dakhil yang bikin Cordoba, Granada, di Spanyol mendunia. Hmm tapi aku udah tau itu.

Atau Kekhalifahan Abbasiyah? Bakal seru kalo ada film zaman Harun Ar-Rasyid atau Al-Ma'mun. Semegah apakah Bait Al-Hikmah? Se-spektakuler apa kota Baghdad? Apakah aku bakal melihat Al-Khwarizmi, Al-Biruni, Razi, Ibnu Sina? (Belakangan aku baru tau kalo Ibnu Sina itu dari Persia, belum tau beliau belajar di Bait Al Hikmah apa engga, kudu baca lagi hehe). Aku selalu aja kagum sama orang-orang pinter semacam pemikir-penemu Islam zaman Abbasiyah. Tapi.. aku udah tau itu. Setidaknya, basicnya aku udah tau.

Film Kekhalifahan Ayyubiyyah! Tapi Aku udah nonton Kingdom of Heaven (film Shalahuddin Al Ayyubi menaklukan Jerusalem dari Kristen Frank) dan aku pengen yang beda....

"IHH TERUS APA DONG" aku udah bete banget mikirnya. Masa aku mau cari dinasti Fatimiyyah atau Ismailiyyah sih, atau Hashashin, nanti dicap syiah pula. Imanku kan masih butiran debu kaya gini takutnya nanti kebawa-bawa.

Akhirnya, karena aku gatau mau nyari apa, aku ketik aja di youtube search: "Film sejarah pahlawan Islam yang nggak banyak orang tau." Beneran kaya gitu nulisnya. Dan... ting! dalam waktu kurang dari sedetik muncullah thumbnail youtube paling atas, judulnya "Kebangkitan Ertugrul Episode 1 Sub Indonesia" 




Ini poster season 1, tapi dulu thumbnailnya bukan ini sih

Widih... apaan nih? Ertugrul? siapa ya? Orang mana, hidup di zaman siapa? Apa bener ini pahlawan islam? aku scroll scroll ke bawah, yang lainnya film-film yang aku udah tau... atau setidaknya ya yang terlintas di pikiranku tadi, tapi dari sampulnya udah ketebak filmnya kurang berkualitas, alias mungkin resolusinya rendah. Atau ya semacam --aku udah tau ini--, jadi aku ga pencet apa apa.

Tapi aku ragu mau mencet yang paling atas itu, yang Er.. er apa sih. Aku scroll lagi ke atas, ooh Ertuğrul namanya. Susah amat bacanya euy. Nonton nggak ya? takutnya malah zonk nih, nanti pas dibuka malah ga ada islam-islamnya sama sekali.. kan percuma. Seumur-umur aku juga ga pernah denger Ertuğrul! Siapa dimana sepenting apa aku ga pernah denger sama sekali!!! Jadi waktu itu aku beneran ragu ini film islam apa bukan. Nama ERTUĞRUL tuh ga pernah sekali pun muncul di buku SKI atau buku sejarah Islam di rumah aku. Semuanya.

Tapi, bukannya aku lagi nyari pahlawan Islam yang jarang orang tahu? ya wajar aja kalo ga ada di koleksi bukuku atau di buku SKI. KARENA JARANG.

Akhirnya, aku beranikan diri mencet film itu. Yang emang kukira film awalnya (aku mengabaikan tulisan Episode 1 disitu haha) dan mulailah perjalananku, mengenali pahlawan islam yang jarang orang tau!
.............

Oke guys jadi prosanya segitu aja. Haha. Gaje banget kan, iya. Kan ini sharing, jadi aku bikin bahasa disini kaya bahasa aku ngomong biasa aja ya.

Biar kalian tau sebenernya siapa sih Ertuğrul, aku jelasin. Ertuğrul: (?-1280) adalah ayah dari Osman I (pendiri dinasti Utsmaniyyah, Kerajaan Ottoman, Ottoman Empire-- kekhalifahan Islam terakhir dari seluruh kekhalifahan, bertahan paling lama 6 abad lamanya, berakhir tahun 1924 pas WW1). Keturunannya yang terkenal bin amazing adalah Sultan Muhammad (Mehmed) Al Fatih yang menaklukkan konstantinopel itu loh, tahun 1453. Kita kan taunya Al Fatih aja ya, nggak tau kakek-kakek buyutnya.

Nah ternyata Ertuğrul ini adalah FOUNDING FATHER (gitulah istilahnya) atau intinya YANG BIKIN BASIC OTTOMAN EMPIRE, TERLEBIH LAGI YANG NGEDIDIK OSMAN BIAR JADI PEJUANG ISLAM. Nah intinya kaya gitu deh. Waktu itu Ertuğrul hidup di suku Kayi namanya, masih bagian dari Dinasti Saljuk (nah Dinasti Saljuk ada di SKI). Namanya suku barbar, hidupnya nomaden pindah pindah mulu (kaya yang nulis ini heheeeeeee). Dannnn awal-awalnya Ertuğrul ya 'cuma' anak pemimpin, (nama Ayahnya Ertuğrul, Pemimpin Suku Kayi : Sulaiman Şah, jadi Ertugrul bin Sulaiman Şah) dan Ertuğrul ga tertarik perpolitikan, ga minat jadi penerus pemimpin suku Kayi juga, karena Ertuğrul anak ketiga dari 4 bersaudara (jadi beliau mungkin mikir pasti lebih berhak kakak-kakaknya lah, Gundoğdu dan Sungur Tekin). Ertuğrul jago banget berburu, dan kerjaannya memang berburu. Ertuğrul punya tiga sahabat deket yang udah kaya sodara kembar: Turgut, Bamsı, dan Doğan. (Kalau kalian nonton Serial Dirilis Ertuğrul abis ini pasti kalian suka sama empat sekawan ini).

Oooo iya aku lupa, Ertuğrul dan Dinasti Saljuk dari Turki, jadi ini emang dari Turki oleh Turki dan untuk Turki (tadinya). Judul aslinya itu Diriliş Ertuğrul, bahasa inggrisnya Resurrection Ertugrul, Indonesianya Kebangkitan Ertugrul. Intinya dari serial ini adalah: gimana usahanya Ertuğrul untuk menyatukan suku-suku Islam, memimpin dengan hukum Islam, mengalahkan pasukan Templar, Crusader sampai yang kejam dan sadis: Mongol. Hingga akhirnya: anaknya, Osman, mewariskan sifat-sifat beliau dan mendirikan kesultanan baru, yang semangatnya dari Ayahnya, semangat untuk menyebarkan Islam ke seluruh dunia, bahkan memang sudah bercita-cita untuk menaklukkan Konstantinopel dari zamannya Ertuğrul ini. Luar biasa!

Yang bikin aku kaget, ternyata ini serial udah ada dari tahun 2014. Waktu aku nonton itu, udah ada tiga season dan lagi jalan season 4. Sebagai bahan yang mengagetkan lagi, satu episode durasinya dua jam dan satu season ada 30 episode. Jadi satu season=60 jam. MAMPUSS.. apa iya ada serial kayak gini.. (wkwk). Drakor aja, --pas aku tanya ke orang-orang-- durasinya paling satu episode 30 menit dan episodenya belasan. Ertuğrul, 4 season dikali 60 jam= 240 jam.....

...

Pertama aku bilangin gini, orang-orang pada langsung mundur. Kebanyakan, kelamaan, haha. Emang sih. Tahun 2019 malah terbit season 5 nya (terakhir, udah selesai bulan Mei 2019). Jadilah komplet 300 jam nontonnya (sampe aku nulis ini pun aku belum selesai semuanya, masih sisa 5 episode lagi haha). Tapi beneran deh, kalo udah mulai nonton pasti bakal lanjut. Terserah aja kapan nontonnya asal ga ganggu waktu kalian.

Btw, waktu awal-awal aku nonton, di youtube masih tersedia yang bahasa Indonesia. Aku inget, waktu itu ada yang bagus cuma sampe episode 6. Pas aku cari lagi, ternyata Ertugrul ini pernah di tayangin di Trans 7 loh.. season 1 nya aja tapi. Jadi selama season 1 aku nontonnya di youtube Trans 7. Dubbingnya juga Indo. Tapi.. pas aku cari season 2 nya nggak ada ternyata. Kabar-kabarnya, udah dilarang di Indonesia buat season 2 nya karena terlalu sadis (haha) padahal kata aku sih.. ya cukup lah. Cukup sadis. Hehe. Tapi ga ekstrim.

Jadilah aku berselancar mencari dimana lagi aku bisa dapetin lanjutannya. Ketemulah suatu grup fan internasional di facebook yang nranslate Ertuğrul sampe season 4, tapi inggris. Ragu mau lanjutin awalnya, tapi aku terobos aja tuh bahasa inggris --hehe-- waktu itu belum bisa banget bahasa inggrisnya, jelas pas nonton aku pusing, tapi tau gak? bener, aku bahkan banyak nambah kosakata bahasa inggris plus turki dari Ertuğrul! Malah aku jadi nyaman pake bahasa inggris sejak saat itu. (Buat yang belum tau, aku ikut simulasi konferensi PBB 2017 di Malaysia mewakili negara Turki, selain karena emang mau bicarain pengungsi Suriah, aku juga terinspirasi dari Ertuğrul hehe. Serius belajar bahasa inggris sejak persiapan ke Malaysia itu, dan dilancarin lagi waktu sesudah dari Malaysia dengan tambahan bantuan sub inggris Ertuğrul, klop kan jadinya.)

Hal yang mencengangkan! ternyata di grup itu ada ribuan orang dari seluruh dunia yang sama-sama nonton Ertuğrul. Kaget aku awalnya, kukira cuma sekitaran Turki dan orang-orang yang beneran nyari aja. Ternyata, ERTUĞRUL INI DITONTON DI 85 NEGARA DALAM 25 BAHASA... allahuakbar! Segede itu ternyata pengaruh serial ini. Mengejutkannya lagi, yang paling banyak nonton itu dari Amerikaaa! Nonmuslim!

Wait, kok bisa? iya, waktu itu ada semacam survei gitu di fb. Kira kira gini pertanyaannya, "Silakan pilih negara asalmu, dan kalau tidak ada silakan tambahkan." Dan yang paling atas sekaligus terbanyak itu Amerika, Meksiko, UK, Australia (penerjemahnya malah orang Australia), New Zealand, terus sisanya Pakistan, India, Tajikistan, Uzbekistan, dan daerah-daerah sekitarnya. Sedihnya, justru Indonesia malah termasuk yang di bawah, walaupun bukan yang paling bawah. Ini orang muslim emang udah ga tertarik sama sejarahnya sendiri kah?

Dan.. coba tebak, apa hasil akhirnya? Iya, banyak dari penonton Ertuğrul ini jadi muallaf, mereka memeluk Islam karena tersentuh dengan ajaran Islam yang ditampilkan di serial Ertuğrul ini... ya Allah setiap kali denger berita salah satu anggota grup masuk Islam, hati aku yang meleleh :') Memang di Ertuğrul ini sarat banget sama Islamnya guys, walau kita tau sebenernya Turki itu sekuler sekarang, tapi serial ini ngedobrak kebiasaan orang Turki sendiri (yang ga islami). Pokoknya Maasya Allah deh. Penyampaian materi Islamnya itu emang nyentuh banget. Presiden Erdoğan berkali-kali berkunjung ke tempat syuting Ertuğrul ini loh.

Ah, sudahlah. Daripada aku nulis panjang lebar, mending kalian cari aja langsung. Buat sub indo, udah ilang di youtube, udah ga ada lagi pas aku cari. Dihapus semua. Di youtube trans 7 juga udah ga ada. Jadi adanya yang bahasa inggris. Aku gabisa kasih link filmnya disini karena harus join grupnya dulu (untuk season 2-5). Kalo season 1 ada di youtube kok inggrisnya. Kontak aja ya gaes? Silakan berpetualang ke abad tiga belas, semoga bisa menambah imanmu!


DISCLAIMER, menonton serial ini berpotensi menambah iman, semangat juang menyebarkan Islam ke seluruh dunia, menegakkan keadilan, menolong saudara sesama muslim dan nonmuslim yang terzalimi, menciptakan lingkungan Islami dan mengikhlaskan niat hanya untuk ridha Allah.

NB: akan ada artikel selanjutnya tentang Ertugrul. :) Tapi gatau nulisnya kapan.

NBB: beberapa foto keren dari serial ini.

Cuplikan trailer season 1

Ibn Arabi, Sufi abad ke-13 dari Andalusia

Ertuğrul menolong Jenderal Ares (Kristen Templar), karena sedang dizalimi

Halime Sultan, Putri Kesultanan Saljuk, Istri Ertuğrul. Rela meninggalkan istananya untuk hidup di perkemahan :'

Memeriksa pedang, di belakangnya ada Gündüz, anak Ertuğrul yang pertama

Di aslinya ini sedang berdikusi dengan kaum Janggut Putih


Empat Sekawan yang sangar kalau di medan perang, tapi kocak kalo lagi ngumpul. Ertuğrul (atas), (dari kiri) Doğan, Turgut, Bamsı

Di season 5, Turgut dan Ertuğrul

Back-to-Back Ertuğrul dan Osman, facing the bandits

Poster Season 5

Aktolgalı, kuda putih yang setia dengan Ertuğrul

Presiden Erdoğan dan istrinya berkunjung

Petinju Rusia, Khabib Nurmagomedov juga berkunjung ke tempat set

kuda-kuda yang berlari kencang

Battle and time is ours, VICTORY BELONGS TO ALLAH!




EYVALLAH KARDAŞIM!











Komentar

  1. Assalamu'alaikum kak, aku bisa minta linknya buat nonton gak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. www.turkishserialislami.id subtille Indonesia

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum, Kak...
    Filmnya aman untuk semua umur gak?

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaykum Kak, boleh minta link Film ttg Nabi Muhammad sama Khalifah2nya? Makasih Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, bisa dicari ya semisal Film Omar Series, atau Bilal, dan yang lain lain :)

      Hapus
  4. Kalo kasetnya ada ga?dimana yg jual skr juga LG nonton Abdul Hamid to stuck di yutube ga ada lanjutannya yg sub indo ato english.dimana qta bisa nonton ato beli kaset2 tentang series Islam kek gini?btw kalo film2 kaya Utsman,Ali,trus zubair dll dimana emang ada?pengen bgt nonton bwt anak2 juga dimana si?kasih tau doooong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir kesini aja noor https://www.turkishserialislam.id/

      Hapus
    2. Omar series kak saya sarankan. Untuk series lain bisa di cek di program Khalifah Trans 7, saya juga kurang tau🙏🏻😂

      Hapus
  5. bismillah...

    kak boleh minta link buat nonton kisah ini dari season 1 sampai season 5 kalo boleh, dan yang subtitle Indonesia kak.

    syukron...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di turkish serial islam ya kak, di fb atau di web.

      Hapus
  6. Ada di group fb sejarah sejarah islam..subhanallah beeita beritanyabkeren2 di sana ada film ertugrul subtitel ind s.d session 2 klo gak salah..sy sdg nnton eps ke 27 mrlawan mongolia..filmnya keren abis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin di awal saya mnonton episode 1-41 dri youtube lanjut serial 42-75 dri telegram stelah itu smua link di blokir..

      Hapus
  7. Assalamu'alaikum,, terima kasih amah sholihah,, kalau boleh tau,, sebenarnya ertugrul season 1 itu sampai episode berapa? saya cari season 1 episode 77 gak ada yaa di youtube.
    kalau season 2-5 juga sampai episode berapa?

    BalasHapus
  8. Coba buka web https://www.semogategarjaya.xyz/2020/06/kebangkitan-ertugrul.html?m=1

    In syaa Allah smpai seri terakhir 150 dah ada sub title Indonesia..

    Barakallahu fiik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar, itu linknya. Lengkap. Bisa download.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer