BOOK: AYAHKU BUKAN PEMBOHONG


1. AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG
TERE LIYE, BENTANG PUSTAKA
.
Kalian, yang orangtuanya masih lengkap, banyak-banyaklah bersyukur. Ayahku telah meninggalkanku dalam keadaan diriku penuh penyesalan. Sama seperti Dam di buku ini. Dan satu lagi, percayalah bahwa orangtua kalian tidak pernah berbohong, walaupun kedengarannya apa yang mereka katakan mustahil sekali. Kalaupun mereka berbohong, maka tidak ada tujuan lain kecuali agar kalian bahagia. Itu karena pengetahuan kita masih sempit, pemahaman kita masih terhimpit. Maka apakah bisa dibilang bijak, jika kita menghukum orangtua kita --dengan mengacuhkannya-- padahal itu adalah kesalahan kita sendiri??
.
.
EPILOG 
Untuk membuat hati kita lapang dan dalam, tidak cukup dengan membaca novel, membaca buku-buku, mendengar petuah, nasihat, atau ceramah. Para sufi dan orang-orang berbahagia di dunia harus bekerja keras, membangun benteng, menjauh dari dunia, melatih hati siang dan malam. Hidup sederhana, apa adanya, adalah jalan tercepat untuk melatih hati di tengah riuh rendah kehidupan ini. Percayalah, memiliki hati yang lapang dan dalam adalah konkret dan menyenangkan, ketika kita bisa berdiri dengan seluruh kebahagiaan hidup, menatap kesibukan di sekitar, dan melewati hari-hari berjalan, bersama keluarga tercinta.
.
"Itulah hakikat sejati kebahagiaan hidup, Dam. Hakikat itu berasal dr hati kau sendiri. Bagaimana kau membersihkan dan melapangkan hati, bertahun2 berlatih, bertahun2 membuat hati lebih lapang, lebih dalam, lebih bersih. Kita tdk akan pernah merasakan kebahagiaan sejati dr kebahagiaan yg dtg dr luar hati kita. Hadiah mendadak, kabar baik, keberuntungan, harta benda yg dtg, pangkat, jabatan, semua itu tdk hakiki. Itu dtng dr luar. Saat semua itu hilang, dg cepat hilang pula kebahagiaan. Sebaliknya rasa sedih, kehilangan, kabar buruk, nasib buruk, itu semua juga dtg dr luar. Saat semua itu dtg dan hati kau dangkal, hati kau seketika keruh berkepanjangan.
.
Selesai 4 Jan 2018 #bookaddict #letsread#bookworm #bookfetish #booklover#bookish #igreads #igbooks #letsread#readinglist #bookaholic #bookstagram#bookstagramfeature #bookphotography#booknerd #bookaddict #bibliophile#bookfeaturepage #january2018#bookreview

Komentar

Postingan Populer