LINK DOWNLOAD DAN GRUP DIRILIS ERTUGRUL SUBTITLE INDONESIA

 


Bismillahrrahmaanirrahiim.

Assalamualaikum teman-teman semuanya, alhamdulillah kita dapat bersua lagi dalam bacaan kali ini. Saya baru sempat menulis lagi karena Qadarullah persiapan masuk universitas, dan ternyata kuliah itu berattt (newbie banget wkwk).

Pertama-tama saya ingin menyampaikan Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan saya kesempatan untuk menulis, apalagi menulis tentang hal yang saya sukai. Saya juga banyak berterima kasih kepada para pembaca blog saya, blog yang masih alakadarnya bin acakadut dan terkadang NGEGAS, ini dikarenakan kurangnya ilmu.

Saya benar-benar tidak menyangka kalau postingan saya di blog tentang Ertugrul akan mendapat banyak respon dari kalangan rakyat Indonesia, saya terkejut melihat statistik blog saya ternyata penyumbang terbesar kedua setelah bacaan AYIMUN dan Q n A nya adalah tentang Ertugrul. Kenapa saya terkejut? karena saya taunya orang Indonesia nggak banyak yang tahu Ertugrul, atau, nggak banyak yang suka dengan tontonan sejarah Islam, karena saya sendiri termasuk yang awal-awal menonton (dari 2017) dan saya tanyai banyak orang, tidak ada yang tahu. Tapi mungkin sekarang sudah beda ya, wkwk. Sudah mendunia sekali Ertugrul ini dan tidak mungkin kalau tidak tahu rasanya. Kalau ada yang penasaran tentang kisah saya (eaak) bisa bertemu dengan Ertugrul dan sangat membentuk kepribadian saya, anda bisa membacanya disini.

Oke, langsung ke intinya. Saya akan memberikan beberapa link yang saya ketahui bisa menonton serial Ertugrul dengan gratis. Sayangnya di youtube tidak banyak tersedia karena seringkali terkena hak cipta, apalagi pihak TRT sudah merilis versi bahasa inggrisnya. Untuk itu saya sarankan anda semua masuk grup di Facebook karena disana lebih aman dan lebih aktif grupnya, apalagi bisa berinteraksi dengan sesama penggemar sejarah Islam dari seluruh dunia. Saya sendiri selama ini menonton yang bahasa inggris karena awal-awal dulu tidak ada yang bahasa Indonesia. Saya mendapat banyak informasi berharga dari grup-grup ini sekaligus ilmu yang bermanfaat.

Grup Facebook Bahasa Indonesia:

  • Turkish Serial Islam , setahu saya disini di upload serial Dirilis Ertugrul, Kurulus Osman, Tozkoparan, dan lain-lainnya
  • Turkish Bahasa , ini saya kurang tahu apakah ada serial Dirilis Ertugrul atau tidak, saya tahunya disini ada serial Payitaht Abdul Hamid, serial yang sedang saya tonton sekarang. Insyaa Allah suatu saat akan mereview Payitaht Abdul Hamid, karena menurut saya lebih seru dibanding Ertugrul :D Season 5 nya baru mulai hari ini (9 Oktober 2020).
Website dan link serialnya ada di grup tersebut, saya tidak akan membagikannya disini takutnya kenapa-napa :D. Grup-grup lainnya insyaa Allah akan bermunculan jika anda semua sudah mengikuti dua fanpage diatas, karena saya tidak terlalu ikut banyak grup (yang terkadang parah banget spoiler dan debatnya, wkwk) tapi saya sarankan ikut dua grup itu ya!

Selain grup bahasa Indonesia, saya sangat menyarankan untuk ikut grup yang bahasa inggris. Selain menambah kemampuan berbahasa inggris, disini suasananya lebih diverse dan seru, banyak anggota dari Amerika, Australia, UK, New Zealand, Pakistan, India, dan lain-lain, yang mana bisa saling bertukar ilmu pengetahuan. Mereka juga saya rasa lebih kritis di grup ketimbang grup yang isinya orang Indonesia saja, dan banyak yang sudah mualaf diantara mereka. 

Grup Facebook Internasional:
  • Dirilis Ertugrul , ini fanpage asli bin official dari TRTnya, asli yang ada badaknya.
  • TRT Resurrection Ertugrul, gak tau apa bedanya wkwk tapi sama-sama official.
  • Kurulus Osman and Ertugrul with English Subtitles, ini nama depannya Kurulus Osman mungkin karena sekarang lagi hype-nya Kurulus Osman (Kurulus Osman adalah serial kelanjutan dari Dirilis Ertugrul fyi).
  • Kayi Family, disini ada Dirilis Ertugrul, Kurulus Osman, Payitaht Abdul Hamid, dan lain-lain. INI WAJIB BANGET BTW,  SOALNYA ADMINNYA ORANG TURKI ASLI DAN NGERTI BANGET UTSMANI, SO JANLUP FOLLOW GUYS INI INFORMATIF BANGET PAGE NYAA MANJIW LAH POKOKNYA (maaf yang nulis anak zillenial jadi gini wkwk)
  • AbdulHamid Series (English) , eh ini mah salah tempat ya guys monmaap wkwk aku pengen aja naro disini. Biar sekalian nonton Payitaht Abdul Hamid. Asli keren banget serial satu ini!

Nah, link serialnya bisa di dapat dari grup-grup itu. Karena menurut saya, yang lebih punya hak cipta mereka buat bagiinnya. Selain itu bisa juga dicari sendiri (mungkin) di youtube dan platform lain walau agak susah.

Saya mau pesan kepada teman-teman semuanya, yang sedang menonton serial-serial ini maupun yang sudah, atau yang baru mau nonton

PERTAMA, niatkan untuk belajar sejarah Islam, karena kalau tidak, akan sangat membuang waktu anda yang berharga. Dirilis Ertugrul itu ada sekitar 150 episode dan satu episode nya 2-2.5 jam. Jadi jangan sampai waktu anda berlalu hanya menonton tanpa mengambil ibrah apalagi tanpa mengamalkannya. Sebagai drama, Dirilis Ertugrul punya beberapa tambahan cerita seperti kisah asmaranya atau mungkin hal lainnya, tapi yang jelas niatkanlah untuk belajar. 

KEDUA, jangan berharap banyak pada aktor-aktrisnya, anda akan kecewa. Aktor tetaplah aktor, mereka bukan tokoh Ertugrul sesungguhnya, mereka manusia modern seperti kita. Entah mereka mengambil pelajaran dari tokoh yang mereka perankan atau tidak, itu urusan mereka. Kita hanya fokus pada tokohnya dan hikmah-hikmah yang ditinggalkannya, jangan sampai karena tampan atau cantiknya pemain menjadikan kita cinta pada mereka yang nyatanya minim teladan. Jadi berhati-hatilah guys karena saya mengalaminya.

KETIGA, saya yakin ini menuai banyak kontroversi. Di Ertugrul dan banyak serial lainnya sangat kental dengan ajaran sufisme, yang saya -wallahu a'lam- masih sangat miskin ilmu tapi jika anda merasa ada yang menyalahi syari'at dan sunnah Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam, jangan diikuti. Saya sarankan lebih dahulu memperlajari tauhid ketimbang sejarah, dan jangan mengikuti 100% yang ada dalam serial, nyatanya ini namanya "Drama". Jadi filter-lah hal baik yang bisa diambil dan yang tidak.  

 Sekian, teman-teman. Semoga membantu, SALAM KEBANGKITAN ISLAM!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..



Nb: Jangan lupa lanjut nonton Payitaht Abdul Hamid!!!

Q menderita karena udah ga ada waktu buat nontonnya :(((


Komentar

Postingan Populer